Kamis, 22 November 2012

Pompa Air Tanpa Listrik & Tanpa Bahan Bakar

Kemaren ada bapak petani lele yang nanya mas tau cara bikin pompa yang tanpa listrik dan tanpa bahan bakar gak? Kan klo kita bisa buat yang seperti itu nantinya akan menghemat biaya produksi. Maksud bapak itu adalah untuk mengisi kolam ikan lelenya agar tidak menggunakan pompa listrik yang notabene bisa menghemat tagihan listriknya. Nah berangkat dari situ saya pun mencari perihal pompa tersebut, anda penasaran kan? Pompa tersebut namanya "Hydraulic Ramp Pump", ini sebenarnya adalah teknologi lama yang sudah banyak digunakan di daerah-daerah pelosok di Indonesia. Hydram adalah salah satu jenis pompa air yang bekerja tidak menggunakan tenaga listrik atau bahan bakar (bensin atau minyak diesel), tetapi hydram dapat bekerja karena dijalankan oleh tenaga air itu sendiri, dengan memanfaatkan sejumlah besar tenaga aliran air akan bekerja menaikkan air ke tempat yang lebih tinggi. Prinsip kerja hydram adalah proses perubahan energi kinetik aliran air menjadi tekanan dinamik dan sebagai akibatnya menimbulkan palu air (water hammer) sehingga terjadi tekanan tinggi dalam pipa.
Dengan mengusahakan supaya katup limbah (waste valve) dan katup pengantar (delivery valve), terbuka dan tertutup secara bergantian, maka tekanan dinamik diteruskan sehingga air naik ke pipa pengantar keluar (outlet).
Bila ke dua katup tersebut bekerja efektif dan lancar, maka keluaran air terjadi terus menerus tanpa henti.

Berikut adalah video prinsip kerja hydram.
Dan ini adalah contoh nyata Pemasangan Hydraulic Ram Pump (hydram) di Atambua, Nusa Tenggara Timur.
Anda tertarik untuk membuatnya? Semua peralatan dan bahan ada dan mudah diperoleh disekitar kita. Simak saja di Cara Membuat Pompa Hydram.

7 komentar:

  1. Assalamu'alaikum... jika emang sudah terbukti bisa memebuat pompa air tanpa listrik maupun bahan bakar, bisakah blog anda di buat tertulis dg gambar2 secara rinci bahan2 apa saja yg di perlukan untuk membuatnya dan bagaimana cara membuatnya? dg bgtu semua masyarakat tidak mampu bisa mengikutinya, dan anda dpt pahala luar biasa, terima kasih wassalam..

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum... jika emang sudah terbukti bisa memebuat pompa air tanpa listrik maupun bahan bakar, bisakah blog anda di buat tertulis dg gambar2 secara rinci bahan2 apa saja yg di perlukan untuk membuatnya dan bagaimana cara membuatnya? dg bgtu semua masyarakat tidak mampu bisa mengikutinya, dan anda dpt pahala luar biasa, terima kasih wassalam..

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum.
    Mau tanya, kalau kekuatan daya hisap (sedot) airnya berapa meter?

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. pompa ini bukan untuk menarik air dalam sumur. . .

    BalasHapus