Jumat, 23 November 2012

Panen Lele

Pemanenan  biasanya dilakukan pada masa pemeliharaan 3-4 bulan dengan berat 200-300 gram per ekornya. Apabila waktu pemeliharaan ditambah 5-6 bulan akan mencapai berat 1-2 kg dengan panjang 60-70 cm. Pemanenan sebaiknya dilakukan pada pagi hari supaya lele tidak terlalu kepanasan. Waktu pemanenan pada saat sore hari sekitar pukul 16.00 – 17.00 WIB untuk menghindari terjadinya stres.

Kolam dikeringkan sebagian saja dan ikan ditangkap dengan menggunakan seser halus, tangan, lambit, tangguh atau jaring. Ikan lele hasil tangkapan dikumpulkan pada wadah un tuk kemudian ditimbang, penimbangan dilakukan secepat mungkin dan cukup satu kali. Pengangkutan ikan lele dapat dilakukan dengan menggunakan mobil pick up yang baknya telah dialasi terpal dan diberi air.
Dibawah ini adalah poto-poto proses panen di tempat Bpk Bagong di desa Pondok Kec. Nguter. Proses panen dilakukan pada sore hari jam 4.
Penimbangan ikan lele.

Lele diangkut dengan mobil pick up.
Biasanya pemanenan lele dilakukan oleh tengkulak dengan datang sendiri ke lokasi pembesaran untuk melakukan pemanenan sekaligus mengangkut hasil panen tersebut. Harga ikan lele saat pemanenan berada pada kisaran Rp 8000,00/kg dengan ukuran 1 kg size 12 ekor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar